Langsung ke konten utama

Sate Kambing Mbok Galak, Rasanya Beneran “Galak”

Libur long weekend alias harpitnas kemarin penulis lagi lagi menyambangi kota kelahiran Presiden Indonesia saat ini, yups bisa ditebak, SOLO! Bukan tanpa alasan kenapa penulis cukup sering mengunjungi kota ini, selain jaraknya yang cukup dekat dari kota penulis tinggal tetapi juga karena solo mempunyai kuliner tradisional yang banyak sekali dan ENAK! Salah Satunya di Sate Kambing Mbok Galak ini, cekidot!


Warung Sate Kambing Mbok Galak ini terletak di jalan Ki Mangun Sarkoro, Sumber, Surakarta, tempatnya berada tak jauh dari Gedung Graha Saba Buana. Kalian tinggal arahkan google maps yang berada dibawah, maka akan diarahkan tanpa nyasar, warung ini terletak persis di pinggir jalan raya, jadi jangan takut keasasar guys.


Walaupun namanya warung dan berada di pinggir jalan, Warang Sate Mbok Galak ini mempunyai kapasitas tempat duduk yang cukup banyak, namun ketika penuh, jangan khawatir karena perputaran konsumen disini cukup cepat ini karena diimbangi pelayanan yang juga tak kalah cepatnya, salut!

Menu Pertama : Tengkleng Kambing
Sepertinya menu ini cukup kondang dan menjadi salah satu yang best seller. Ini terbukti dari ketika penulis datang dan pesan, si “Mbok Galak” langsung berujar `tengkleng sisa sedikit lagi`. Tengkleng ini merupkan sajian `tetelan` kambing yang dimasak dengan berbagai rempah dan mengandung santan. Ketika mencobanya, sedikit terlalu manis. Entah memang lidah penulis yang sedang bermasalah atau memang mungkin tengkleng warung ini sedikit bercita rasa manis. Tapi menu ini kudu kalian coba, apalagi yang suka dengan tetelan dan balungan. Enak tapi bukan yang terbaik!


Menu Kedua & Ketiga : Sate Kambing & Sate Buntel


Sate Kambing
Sate kambing ini satu porsi berisi 10 tusuk dan tidak ada aroma prengus khas kambing sama sekali, namun agi lagi lidah penulis masih belum `dimanja` ketika mencoba sate kambingnya, kebetulan penulis pas dapet daging yang sedikit keras. Masih berada di level enak tapi bukan yang terbaik.


Sate Buntel  JAWARANYA!!!
Hanya menu ini yang sanggup membuat penulis spechless. Sate buntel ini merupakan daging kambing yang dicacah, diberi bumbu lalu dimasukkan kedalam semacam lemak kemudian dibakar dan diberi kecap & lada.

Satu porsi sate buntel terdiri dari 2 tusuk dengan ukuran yang cukup besar. Satenya berasa berbumbu dan gurih, dibakar dengan pas sehingga dagingnya matang sempurna. Dan yang terbaik disini adalah tidak adanya bau prengus. Bener bener menu terbaik dan rekomended dehh, kalian harus coba ini ketika mampir ke Mbok Galak.


In the end, penulis sangat merekomendasikan Sate Kambing Mbok Galak ini ketika kalian sedang singgah, berkunjung, ataupun melewati Kota Solo, Jawa Tengah. :cheers:

Alamat
Sate Kambing Mbok Galak
Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 122, Sumber, Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57137
(0271) 730042

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wajib COBA! Jajanan di Chatuchak Weekend Market, Bangkok, Thailand

Ketika berkunjung ke Thailand, khususon Bangkok, tak lengkap rasanya jika kalian tidak mengunjungi pasar yang hanya buka ketika weekend, yups Chatuchak Market. Pasar yang terkenal sebagai pusat oleh oleh buat wisatawan Indonesia ini ternyata juga memiliki kuliner yang selain banyak juga enak enak, yuk intip pengalaman saya ketika mencoba berbagai kulinernya! Cukup beruntung pagi itu cuaca bangkok cerah, setelah beberapa hari sebelumnya mendung dan hujan. Karena saya menginap di hostel yang terletak di silom, maka transportasi menuju kesana menggunakan MRT. Dari silom perjalanan cukup ditempuh selama kurang lebih 10 menit saja. Setelah tiba di Chatuchak, sempat meminta peta dari pasar yang gedenya ngga nanggung ini. Satu per satu lot pasar dimasuki, mulai mencari titipan keluarga, hingga ketika semua titipan sudah dapat, rasa lelah dan capek mulai terasa. Saatnya berburu kuliner di area ini. Pertama adalah Thai Tea, minuman yang sedang ngehits parah di Indonesi

Menjajal Ena’ Ena’ Legenda, Kue Bandung Thien Thien Lay

Hallo, setelah vakum lama, akhinya saya bisa kembali menulis dan memberi opini mengenai salah satu legenda kuliner di semarang. Mungkin jika kalian mengira di semarang hanya ada kuliner legendaris seperti lumpia mbak lien, nasi ayam bu sami atau nasi goreng babat mberok, tambahkanlah list wajib ena’ ena’ di semarang yaitu di Kue Bandung dan Pukis Thien Thien Lay. Thien Thien Lay merupakan salah satu pemain lama di bidang per-kue bandung-an di Semarang. Gimana engga? Dari hasil bertanya ke pemanggang kue pukisnya, mereka sudah berdiri sejak 80-an yang berarti sudah kurang lebih 37 tahun-an mereka memanggang pukis dan kue bandung dan hanya 2 spesial menu itu saja yang mereka jual sejak dahulu. Superb . Oke, sekarang mari bahas mengenai ena’ ena’ yaitu kue bandungnya karena dari dulu penasarannya sampai di ubun ubun. Oke setelah liat list harga, mari coba dahulu yang basic alias biasa. Karena ini pengalaman pertama saya, langsunglah pesan 1 kepada cici cici-nya. Kar